Minggu, 11 Oktober 2015

Decorated Steam Cake untuk B'day mas Bey




Birthday cake ini adalah  pesanan keponakan saya untuk pacarnya, alias mas Bey. Niatnya sih buat Devil's Food Cake lagi, tapi ternyata mas Bey ga terlalu suka bgt sama coklat, jadi keponakan saya minta diganti base cakenya dengan sponge cake vanila.




Tadinya sudah dibuat sponge cake vanila panggang, ternyata ketika mau dipotong, kuenya kempes sekempes2nya dan dalamnya malahan ga matang masih basah, padahal dah di panggang 25 menit lebih lama dari resepnya. Sedihhhh banget deh..akhirnya nguber waktu lagi karena mau diambil sore, buru-buru cari resep lain, ketemu resep yang agak simple yaitu Steamed Cake yang saya copas dari blog Pawonsgallery.wordpress.com. 



Cekidot resepnya ya :

Bahan A :
  • 5 butir telur 
  • 125 gram gula kastor (saya pakai gula biasa)
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdm emulsifier
Bahan B :
  • 125 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai segitiga biru)
  • 25 gram maizena 
  • 1/2 sdt BP (saya pakai merk Herkules)
Bahan C :
  • 50 gram margarin
  • 25 gram susu cair
  • 50 gram  coklat masak putih, dilelehkan
Hiasan :
Coklat ganache 

Cara Membuat :
  1. Panaskan margarin sampai leleh. Matikan api, masukkan susu cair dan coklat masak putih. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok bahan A sampai mengembang.
  3. Tambahkan bahan B sambil diayak dan diaduk rata (aduk balik)
  4. Masukkan campuran bahan C sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  5. Tuang di loyang tulban diameter bawah 19, diameter atas 22 cm, tinggi 7 cm (saya pakai loyang bongpas diameter 22 cm),  tanpa dioles margarin (aku pakai oles tipis dan dialas kertas kue).
  6. Kukus diatas api sedang 20 menit atau sampai matang. 
  7. Hias dengan coklat ganache. 
* Untuk hiasan tergatung mau dikasih apa ya, bisa coklat ganache, atau di siram, atau buttercream, suka-suka aja.




Untuk Figurinnya dibuat sesuai dengan jurusan mas Bey (lupa) yang penting itu seragamnya dan ada pesawatnya, mgkn teknik mesin untuk pesawat kali ya wakakka



itu lapisan kuenya, warna kuning dan coklat, cuma karena buru-buru jadi kurang rapih untuk coklatnya :( untuk mas Beynya suka banget sama kuenya hehhehe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar