Jumat, 16 Desember 2016

NASI KUNING


Ini nasi kuning yang baru pertama kali saya buat :D dari dulu mau buat kayaknya ga pede situ, wakakaka. Pas suami pulang dari luar kota, ya di nekadin aja deh, demi menyambut suami kembali ke rumah setelah berpisah 3 minggu ^__^ 

Rasanya eunakkk, saya dan suami suka. Resepnya diambil dari mba Citra seperti biasa :D hanya saja untuk pelengkapnya saya hanya memakai telur goreng, ayam goreng dan tahu goreng. Sambalnya pakai sambal kacang saja, sesuai selera saya hihihihi.




Bahan-bahan :
1 kg beras (harusnya yang 200 diganti beras ketan), cuci bersih, tiriskan.
1200 ml santan
1 sdm kunyit yang sudah dihaluskan (saya pakai 1,5 sdm kunyit bubuk)
4 lembar daun pandan
4 lembar daun salam 
2 batang serai, geprek, simpulkan
2 sdm garam
1 sdt gula 
2 sdt air jeruk nipis/lemon



Cara Membuat :
  1. Kukus beras dan beras ketan (jika pakai) selama kurang lebih 25 menit (saya 30 menit), atau sampai setengah matang. Sambil menunggu dikukus, siapkan bumbunya.
  2. Campur kunyit dan santan, kemudian saring (jangan sertakan ampas kunyitnya)
  3. Rebus santan dengan daun salam, daun pandan, serai, gula dan garam hingga mendidih.
  4. Matikan api, masukkan beras yang sudah dikukus ke dalam rebusan santan, aduk hingga rata.
  5. Biarkan air terserap semua oleh beras. Tambahkan air jeruk pipis, aduk lagi hingga rata.
  6. Kukus beras hingga kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang, angkat.
  7. Sajikan bersama lauk pelengkap lainnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar