Minggu, 22 Maret 2015

Kilas Balik Kuih Maretha

Kemarin lagi wa-an sama suami yang lagi tugas di Kalimantan. Saiyah mengirimkan foto Pesanan Black forest pesanan Irma kepadanya. Dia bilang bagus ....jujur saja, saya agak nekad menerima orderan itu...heheehheheh, baru 1 kali buat ketika ultah saiyah bulan Februari lalu, kemudian saya sudah nekad menjualnya. Padahallllll ketika buat itu pertama kalinya saya gagal total....


Setelah saya buka dari dalam kukusan (oh iya, blackforestnya versi kukus ya), adonannya turun seturun turunnya, bentuknya juga mendem karena sekeliling loyang saya kasihkan kertas roti. Sedihhhh bangetttt rasanyya, sampai mau nangiss....tepat buatnya pas ketika saya ulang tahun. Hadehhh...akhirnya saya buat lagi dengan bantuan keponakan yang biasa bantuin omanya buat kue di ambon, 

Jadi yang mengerti dan memberikan arahan untuk stop mixer itu keponakan saiyah :D padahal cowok lhoo.....keren kan ya ...wakakkaka...terus pas kelar di kukus, wooowwww...berhasil.....kuenya cakep tinggi dan kokohh....seneng banget.....

Ga berhenti sampai di situ saja dunk, pas menghias dengan buttercream, karena itu adalah pengalaman pertama saya menghias kue besar dengan buttercream, ya ampunnnnn, ga bisa boowwww...susah banget rasanya...terus suami saya yang khusus pulang dari luar kota di hari ultah untuk kasih kejutan untuk saiyah (uuhhh so sweet ya my lovely husband) :D ...akhirnya dia ikut turun tangan...dia juga ga pernah kursus atau buat kue sebelumnya, cuma ya kalau disaat saat genting seperti itu, dia sangat bisa diandalkan wakakkaka.

Nahhhh....pas buat kue pesanan Irma....keponakan dan suami saiyah ga ada, suami lagi di rumah kakak di Bekasi, suami saiyah lagi tugas ke Kalimantan :D so ...helooowww gimana dunk buatnya neh....

Modal nekad, dan doa yang lama dan panjanggg ...hihiihihihi, akhirnya jadi juga tuh kue. Pagi saiyah buat dulu cokklat2nya, kemudian buat kuenya, saya dingin2kan, lalu buat simple syrupnya, lalu buat buttercreamnya..terakhir baru deh sesi menghiasnya :D 

Finally the cake is done. With beautiful decoration (in my opinion yak) hihihihihi...saiyah sendiri takjub ketika bisa membuat kue seperti itu tanpa kursus, hanya modal nekad, rajin2 googling dan belajar otodidak dari university Youtube :D 

Oh iya, untuk pengalaman masak memasak, saiyah sangat minim. Cuma bisa masak sayur rebusan atau tumisan sajah. Yang levelnya lebih berat belum bisa :D Nah awalnya punya ketertarikan buat kue itu karena suami saiyah minta dibuatkan pancake pakai adonan sendiri, soalnya pas kami buat pancake ternyata cuma jadi 4 pcs aja dari adonan Pondan. Akhirnya saiyah buat sendiri dari resep salah satu blogger yang saya malah lupa siapa wakakkaka...

Inilah penampakan si pancake itu... 




Jelek banget ya si first pancake itu wakakaka
oh iya ini, dibuat bulan Mei 2014, jadi belum sampai setahun yang lalu :D 



Inilah my first Black Forest (yang akhirnya jadi ituh) 
Langsung buat ukuran besar di diameter 24 cm :D Pedeh banget kan


Ini potongannya...hmmm yummy....diisi dengan black cherry 
untuk toping bagian atasnya 


Ini coklat-coklat yang akan dibuatkan pagar coklat  
Ini aja buatnya nanya sama ibu-ibu yang ketemu di TBK :D 



Inilah penampakan kuenya sebelum dihias, tinggi, kokoh dan cantik kannn


Coklatnya, nyoklat bangett ngett 



Dan inilah si buttercream ituh
(psstt lihatlah di sebelah kue yang tinggi ituh, ada kue yang pendek kan, itulah edisi kueh gagal yang pertama saiyah buat ituh hihihihi ) 

Begitulah ceritanya mengenai Kilas Balik Kuih Maretha :) saiyah menikmati pembuatan kue yang saiyah buat sendiri tanpa kursus khususu hihihihihi, cuma modal banyak nanya ajah kepada para blogger yang baik2 hati :) dan ya itu alah bisa karena biasa ....saya cukup bersyukur karena apapun yang saya lakukan selalu dibuat Tuhan Yesus berhasil :) dahulu sebelum berjualan kue, saiyah sempat usaha jualan online baju, mandeg karena tiba2 online shop membludak, kemudian usaha jualan souvenir handuk yang saya pelajari sendiri juga otodidak, cukup berhasil sampai 2 tahun sampai tiba-tiba supplier bilang handuk udah ga diproduksi lagi :D kemudian banting setir ke jualan bahan-bahan souvenirnya, berhasil juga, namun mandeg karena saya sulit membagi waktu karena masih kerja juga, saat ini mencoba usaha untuk membuat kue ....dan semoga kali ini pun berkat Tuhan masih berkenan mampir untuk saiyah....aminnnn... 

"Cake it's not only about the look, but also about the taste. 
Made it with love will make the taste much better and great" 
That's my Motto ^_^ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar