Senin, 03 November 2014

Ikah Kuah Asam Pedas






Ikan Kuah Asam Pedas 


Saya dan suami suka sekali dengan masakan ini. Karena sama-sama berasal dari daerah pinggiran laut (papa saya sih, kalau saya lahir di Jakarta, hahhaha), jadi kami suka sekali dengan ikan. Jika ada ayam dan ikan, makan pilihan kami adalah ikan, ayam di urutan nomor 2. 



Resep ini saya dapatkan dari kakak saya yang nomor 4 yang jago masak :) Sebenarnya 4 orang kakak perempuan saya semuanya pintar masak, kecuali saya. Ibu saya juga pandai memasak dan masakannya enak-enak. Sayang sekali, saya telat mempunyai niat untuk belajar masaknya :D 







Kembali lagi ke resepnya, rasanya ajibbbb banget, kuahnya asam-asam pedas, mantap sekali. Apalagi bila disantap ketika masih hangat beberapa menit setelah matang, hmmmmm, sluruppppp. Penasaran ? yuk cekidot ...


Ikan Kuah Asam Pedas 


Bahan dan bumbu :


  • Daun kemanggi Rp. 1.000,-, siangi.
  • Tomat 4 buah, iris tipis-tipis buang bijinya
  • Jeruk nipis 2 pcs 
  • Daun bawang Rp, 1.000,- potong 2 cm 
  • Serai 2 tangkai, ambil ujungnya, geprek 
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Daun salam 3 lembar 
  • Bawang merah 5 siung 
  • Bawang putih  2 siung 
  • Jahe 2 iris (1 iris kurleb 2 cm), geprek
  • Cabe rawit Rp. 2.000,- bisa juga pakai cabe setan kurleb 20 pcs.
  • Ikan segar (bisa tuna, bisa tongkol) 2 ekor okuran sedang (Ikan direndam dengan air garam terlebih dahulu, garamnya 1 sdm, lalu di aduk-aduk hingga merata. Direndam kira-kira 15 menit)
  • Air  1500 ml atau disesuaikan dengan banyaknya ikan. 
  • Royco all in one


Cara buat :


  1. Iris tomat, daun bawang, bawang merah, bawang putih, cabe rawit.  Jika menggunakan cabe rawit, iris kira-kira 10-12 pcs, sisanya dibiakan utuh, jika menggunakan cabai setan, iris kira-kira 4-6 pcs, sisanya biarkan utuh
  2. Rebus air, masukkan serai, daun jeruk, daun salam, jahe, bawang putih, bawang merah dan cabai iris serta cabai utuh.
  3. Setelah mendidih airnya, masukkan ikan, masak hingga matang.
  4. Kira-kira 15 menit, setelah ikan matang, masukan perasan air jeruk, tomat, daun bawang dan daun kemangi, Beri royco all in one 2 pcs, bila kurang asin, tambahkan sedikit garam.
  5. Matikan kompor, dan ikan kuah asam pedaspun siap disajikan. 





Okeh banget disantap panas-panas sesudah matang, slrupppp ..yummy 



Untuk resepnya disesuaikan ya, bahan dan bumbunya ditambah, disesuaikan dengan berapa jumlah ikan yang dimasak, Silahkan mencoba ^^ 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar