Selasa, 04 November 2014

Nasi Goreng Jawa





Pagi ini ketika menuliskan blog ini saya sembari sarapan Nasi Goreng Jawa dan coklat lowfat panas hehhhee :) berhubung masih banyak  nasi dingin sisa kemarin ketika keluarga kakak saya datang, daripada mubazir akhirnya saya buatkan nasi goreng saja dengan stok yang ada di kulkas. Resep ini saya adaptasi dari resep mba Nina Agustina. Berikut resepnya :


NASI GORENG JAWA 

Bahan :
- 2 piring nasi putih dingin 
- 3 butir telur kocok lepas 
- 300 gr daging sapi giling/cincang
-  2 sdm kecap manis
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 lembar Royco all in one
- 1 sdm minyak wijen
- minyak untuk menumis 
- 5 pentol bakso sapi 
- 1/2 buah wortel, iris korek api 
- 1 ikat sawi hiijau
- 1 lembar Daun Bawang 

Bumbu Halus : 
- 6 siung bawang merah 
- 4 siung bawang putih 
- 1 butir tomat ukuran sedang 
- 10 pcs cabai merah keriting
- 7 pcs cabai setan
(bisa dikurangi jika tidak suka pedas) 


Cara buat :
1) Goreng telur lalu disuir-suir. Saya menggunakan teflon, sehingga menggorengnya tidak perlu pakai minyak lagi. Sisihkan
2) Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging giling, telur, nasi, bakso, wortel, aduk rata.
3) Masukkan sawi putih, daun bawang, kecap manis, Royco dan merica bubuk, aduk rata, lakukan test rasa. 
4) Masukkan minyak wijen, Aduk rata
5) Angkat dan sajikan hangat.





Mudah banget kan ? ga perlu lama :D sebelumnya saya suka pakai bumbu instant, namun setelah tahu resep ini, tidak pernah lagi pakai yang instant ^^ jauh lebih sehat juga kan. Menu ini juga biasa saya siapkan untuk suami kalau berangkat ke kantor, dan juga untuk teman-teman kantor karena biasanya mereka juga minta jatah sarapan hahhahaha. Untuk pagi ini, saya temani dengan coklat panas low fat, hmmmmm..tambah sedap rasanya. Soooo, happy cooking ^^ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar