Senin, 03 Agustus 2015

CARROT CAKE



Ada stok wortel di kulkas yang sudah agak lumayan lama nongkrongnya. Jadi sehubungan dengan tugas luar kota pak Suami, maka saya putuskan untuk membuat Carrot Cake untuk bekalnya diperjalanan, karena pak suami kalau tugas keluar kota jauh-jauh, apalagi kalau ke Kalimantan, bisa sampai 2 kali naik pesawat, tambah naik kapal fery dan lanjut lagi dengan perjalanan darat. 

Saya masih setia dengan resep Ummu Fatima, cuma dikarenakan stok terigu benar-benar habis, maka saya modifikasi sbb :


Bahan-bahan :
  • 3 butir telur + 1 kuning telur (saya pakai 4 butir telur) 
  • 150 gr tepung tegitu, ayak 
  • 50 gr gula pasir 
  • 50 gr gula palem 
  • 80 ml minyak sayur 
  • 80 gr wortel yang sudah dikupas, parut halus, tidak usah diperas airnya
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis 


Cara Membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 160 deg C.
  2. Kocok telur, gula palem dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan memucat (kira-kira lamanya mengocok 5-10 menit)
  3. Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan tepung dan kayu manis bubuk, aduk hingga rata. Setelah rata masukkan wortel parut, aduk hingga rata. Terakhir, masukkan minyak, aduk kembali hingga rata (note : jangan terlalu lama mengaduk) 
  4. Tuang adonan ke dalam loyang persegi 18cm yang telah diolesi minyak/margarin. Panggang hingga matang. (saya pakai oven listrik suhu 160 deg C selama 20 menit, dilanjutkan 140 deg C selama 20 menit atau hingga matang).





Kemarin saya buat 2 kali resep karena  mau sekalian dikasihkan untuk keluarga kakak saya yang datang ke rumah kemarin. Terus untuk terigunya, karena habis cuma ada 150 gr, jadi saya pakai terigu segitiga biru 150 gram, tepung beras 50 gram, dan maizena 100 gram. Cakenya jadi lembut, ga bantet dan ga berasa sama sekali carrotnya. Yummy....pak Suami sih suka ^^ 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar