Kamis, 03 November 2016

BALI TONGKOL


Mau beli ayam di tukang sayur, ayamnya tidak segar lagi, jadi agak malas belinya :P akhirnya menunya pakai tongkol cue lagi, wakakka. Kali ini adalah resep dari mba Lily Chan yang saya recook. Cekidot aja resepnya ya.

Btw setelah namain masakannya di foto, lihat resepnya mba Lily, ternyata kebalik, wakkakakka....abaikan sajah yak..yang benar namanya adalah Bali Tongkol hihihi, aku sesuaikan dengan stok yang ada di aku ya  ^__^



Bahan-bahan :
  • 2 buah keranjang ikan tongkol cue, goreng sampai berkulit
  • Kecap manis, sesuai selera tapi pengunaannya agak banyak karena masak tanpa gula/tambah warna
  • Minyak untuk menumis
  • Garam secukupnya 
  • Air matang 150 ml

Bumbu Halus :
  • 8 buah cabe merah keriting 
  • 7 buah cabe rawit setan (sesuaikan selera ya)
  • 3 butir kemiri
  • 6 bawang merah
  • 2 buah tomat ukuran sedang (di resep mba Lily tidak dihaluskan ya, tapi dipotong-potong, akus salah baca resep :P) 
 


Cara Membuat :
  1. Blender/haluskan cabe-cabe, bawang, kemiri dan tomat sampai halus, lalu tumis sampai wangi.
  2. Masukkan tongkol, aduk dan beri kecap manis. Tambahkan air 150 ml air, garam, lalu koreksi rasa. 
  3. Masak sampai air menyusut (aku cenderung habis malah, jadi agak kering :D ), angkat dan sajikan.


Rasanya enak sih, cuma aku sepertinya agak kebanyakan kecap, jadi agak manis dan airnya juga kurang dan terlalu menyusut airnya hahahaha, oh iya di resep mba Lily dicampur tahu dan telur ya, aku ga pakai, karena masak hanya untuk berdua dengan pak Suami, jadi takut kebanyakan :D

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar