Sabtu, 15 Oktober 2016

SATE MERDEKA (NON MSG, NO GARAM)



Kebetulan di kulkas ada stok ayam fillet, dan dah lama ga buat Sate Merdeka ini. Berhubung suami dan saya gemar sekali dengan masakan ini, jadi saya buat lagi untuk lunch hari ini menemani Pokcoy Saus Tiram. 

Sebenarnya resepnya sudah pernah saya share, tapi kembali dituliskan lagi ya. Kali ini garamnya diganti dengan kecap asin dan full ayam, tidak dicampur dengan tahu goreng :D .

Bahan-bahan :
  • 2 buah fillet ayam, pipihkan, potong sesuai selera (saya potong kotak-kotak kecil dan tidak dipipihkan) 
  • 1,5 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sdm kecap asin 
  • 1 sdt ketumbar bubuk 
  • 2 sdm air asam jawa
  • Secuil terasi udang 
  • 1 sdm mentega 
  • Air 1 gelas 
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 10 buah cabai rawit setan (sesuaikan dengan selera ya)
  • 4 siung bawang putih 
  • 6 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri


Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus, lalu masukkan air, masukkan ketumbar bubuk dan terasi, tumis hingga air menyusut, tambahkan gula, kecap asin, lalu masukkan ayam, kecap manis, mentega, aduk-aduk terus hingga air hampir habis, Matikan api, angkat dan siap disajikan.
  2. Untuk kecap manis, jangan kecanyakan ya, paling maksimal 3 sendok makan. 

Bahan-bahan : 1 1/2 paha ayam fillet, pukul-pukul sampai pipih, potong-potong sesuai selera (aku ga dipipihkan, langsung potong aja) 3 potong tahu kuning kecil,goreng sebentar, lalu potong-potong, sisihkan. (bisa diskip) 1,5 sdm gula pasir (atau sesuai selera) 1 sdt garam 1 sdt ketumbar bubuk 2 sdm air asam jawa secuil terasi (aku pakai terasi udang) 1 sdt mentega 3 sdm kecap manis Air 1 gelas 2 sdm minyak sayur untuk menumis Bumbu Halus : 5 buah cabe merah (aku pakai cabe merah keriting ya, disesuaikan dengan stok di dapur :D ) 9 buah cabe rawit hijau/sesuai selera 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 2 butir kemiri

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
Bahan-bahan : 1 1/2 paha ayam fillet, pukul-pukul sampai pipih, potong-potong sesuai selera (aku ga dipipihkan, langsung potong aja) 3 potong tahu kuning kecil,goreng sebentar, lalu potong-potong, sisihkan. (bisa diskip) 1,5 sdm gula pasir (atau sesuai selera) 1 sdt garam 1 sdt ketumbar bubuk 2 sdm air asam jawa secuil terasi (aku pakai terasi udang) 1 sdt mentega 3 sdm kecap manis Air 1 gelas 2 sdm minyak sayur untuk menumis Bumbu Halus : 5 buah cabe merah (aku pakai cabe merah keriting ya, disesuaikan dengan stok di dapur :D ) 9 buah cabe rawit hijau/sesuai selera 3 siung bawang putih 5 siung bawang merah 2 butir kemiri

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar