Senin, 06 Juni 2016

BROWNIES KETAN HITAM (NO FOOD ADDITIVE)



Ini sudah yang kesekian kalinya buat, brownies ini adalah kesukaan suami dan juga pas dibawa ke kantor suami, wuihhh, ternyata paling favorit dari 3 jenis kue lainnya yang dibawa, katanya enakknya ketulungan :D ga lebay sih, asli emang enak banget rasanya. Perpaduan coklat dan ketan hitam membuatnya jadi yummy, 1 potong tidak akan pernah cukup, teman suami malahan makan 8 potong aja masih teriak-teriak kepengen lagi  ^^ Bahkan keponakan saya yang ga terlalu suka ketan hitam aja dan sushi banget makan, dia bisa makan brownies ini sampai lebih dari 5 potong lho. 

Dan yang paling penting sih ya, ini ga pakai bahan pengembang lho, jadi sehat kan ^^ 

Bahan-bahan : 
  • 3 butir telur 
  • 100 gram gula pasir 
  • 100 ml mink goreng 
  • 80 gram tepung ketan hitam 
  • 60 gr DCC, potong kecil-kecil 
  • 20 gr coklat bubuk
  • 1 sdm minyak goreng untuk mengolesi loyang







Cara Membuat :
  1. Campur tepung ketan hiram dan coklat bubuk, ayak 
  2. Oles loyang bandar diameter 18 cm dengan minyak. Panaskan kukusan 
  3. Lelehkan DCC dengan cara di tim. Matikan api. Masukkan minyak, aduk rata, atau bisa juga dengan cara memanaskan minyak sebentar , matikan api, lalu masukkan DCC. Aduk hingga larut
  4. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan paling tinggi hingga adonan mengembang dan kental (kira-kira 5-10 menit).
  5. Kecilkan kecepatan mixer hingga menjadi paling rendah, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata (tidak ada tepung yang menggumpal di dasar)
  6. Masukkan campuran DCC dan minyak, aduk kembali hingga rata, matikan mixer.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit atau hingga matang dengan api kecil. Pastikan air kukusan sudah mendidih saat memasukkan loyang dan jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain agar air tidak menetes ke browniesnya.
  8. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong-potong dan beri toping sesuai selera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar