Selasa, 18 April 2017

CAKE TALAS ZEBRA (NO FOOD ADDICTIVE)


Begitu lihat ada yang jual talas di tukang jual singkong dekat rumah, langsung deh tuing-tuing inget mau buat kue ini. Dah lama penasaran dengan kue ini sebenarnya, hanya saja baru bisa dieksekusi hari ini hihihihi ^_^ 

Berhasil membuat motif zebra di atasnya, hanya saja tidak berhasil untuk bagian dalamnya hiks. Tadi itu karena saya maraton membuat 3 buah Brownies Coklat Ketan Hitam dan Puding Lumut Lapis Coklat sebelumnya, sementara cake ini terakhir dibuat, udah agar gempor jadinya heheheh. Ketika menghaluskan talasnya tidak sampai halus banget karena juga sudah agak dingin dan ga pas panas-panas sehabis di kukus tadi :( itu kesalahan pertama, kesalahan kedua adalah ketika akan menuangkan motif zebra, adonan putih tidak saya aduk lagi, jadi bongkahan-bongkahan talasnya menumpuk dibagian bawah deh, dan jreng jreng, ternyata itu ngaruh sama motifnya, ga jadi dong motif zebranya hahahha.





Walau gagal namun setidaknya, saya sudah mencoba membuatnya ya ^_^ cake ini rasanya eunakkk lho, ga ada rasa talasnya sama sekali, hanya ada rasa enak, manis dan lembut. Penasaran ? yuks cekidot dengan resepnya. 



CAKE TALAS ZEBRA 

Bahan-bahan :
  • 240 gram talas, kupas, kukus dan haluskan selagi hangat.
  • 135 ml minyak sayur 
  • 180 gr tepung terigu, ayak 
  • 6 butir telur ayam 
  • 150 gr gula pasir (bila ingin lebih manis, bisa ditambah)
  • 2 sdm coklat bubuk




Cara Membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 160 deg C, bisa disesuaikan dengan oven masing-masing ya
  2. Kocok telur dengan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang (sekitar 5-10 menit).
  3. Turunkan kecepatan menjadi paling rendah, masukkan terigu, aduk perlahan, lalu masukkan minyak, aduk kembali hingga rata, 
  4. Masukkan talas, aduk hingga rata, matikan mikser.
  5. Ambil 1/3 adonan, tambahkan coklat bubuk, aduk rata.
  6. Tuang 2 sendok sayur adonan kuning di tengah loyang, lalu 1 sendok sayur adonan coklat bergantian hingga adonan habis di loyang bundar diameter 20 cm yang sudah diolesi mentega atau minyak.(sendok sayurnya dengan ukuran yang sama ya).
  7. Panggang dengan suhu 160 deg C selama 40-45 menit atau hingga matang (disesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya).




Terlihat sekali kan bongkahan-bongkahan dari talasnya yang menguasai sebagian besar kue hihihi


Tapi teteup manisss kan penampakan dari bagian atasnya :D 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar