Minggu, 24 Juli 2016

AYAM PEDAS NGO-CAP (NGOHIANG KECAP)



Ini merupakan recooked saya untuk resep mba Lily Chan, rasanya ??? Endessss pakee bangettt. Ini dimakan cuma berdua sama suami pas dinner kemarin malam, dan saya ga makan pakai nasi, hanya ini saja dan Tumis Sawi Kuah Udang Ayam hihihihihi 

Intip resepnya yuk.

Bahan-bahan :

  • 300 gram ayam fillet (paha/dada)
  • secukupnya tahu 
  • 1/2 sdt bubuk ngo hiang 
  • secukupnya kecap manis (agar banyak, baca langkah) --> (saya pakai 4 sdm kecap manis)
  • secukupnya kecap asin (saya pakai 2 sdm kecap asin)
  • 1 sdm saus tiram 
  • 1 sdm gula pasar
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih 
  • sesuai selera cabe rawit (saya pakai 6 buah) 
  • Daun bawang secukupnya.


Cara Membuat : 

  1. Potong tahu bentuk dadu, lalu goreng hingga berkulit tapi jangan sampai kering. Sisihkan.
  2. Potong-potong daging ayam fillet (saya pakai dada dan paha). Lalu pukul-pukul dengan pemukul daging hingga pipih, lalu sobek-sobek/potong tak beraturan (saya potong-potong saja, tidak pakai dipukul2 :D)
  3. Buat saus marinade : Kecap manis agar banyak, kecap asin, saus tiram, gula, bubuk ngohiang (1/2 sdt saja)
  4. Masukkan daging ayam ke bambù marinade. Diamkan minimal 1/2 jam. 
  5. Tumis irisan cabe rawit, bawang merah dan bawang putih sampai harum. Lalu masukkan daging dan tahu, aduk jadi satu. Ini dimatangkan tanpa air, jadi diaduk sesekali (sebaiknya menggunakan wajan anti lengkat)
  6. Icip, jika warna sudah seperti di foto, kalau masih kurang manis asinnya, tambahkan gula dan garam. Jika warna masih pucat, tambahkan kecap manis/kecap asin.
  7. Menjelang diangkat masukkan irisan dan bawang. Masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Ada baiknya masak resep ini jangan mapet waktu lunch or dinner ya, hihihi soalnya kemarin  saya masak mefettt waktu dinner, yang ada suamiku bolak balik dapur dan nanya kapan matangnya, dia dah kelaparan sangat. :P soalnya saya saklek orangnya, kalau diresep suruh diamkan 1/2 jam, ya beneran 1/2 jam, ga kurang ga lebbih hihihihihi []



Tidak ada komentar:

Posting Komentar