Minggu, 24 Juli 2016

CAPCAY GORENG

Capcay ini adalah  capcay ter-tasty yang pernah saya buat, dan kamipun di rumah memakannya lagi dan lagi dan lagi hingga ludes :P sepertinya minggu ini adalah minggu resepnya mba Lily Chan hihihihi, 4 hari berturut-turut saya memasak resep mba Lily dan semuanya nendang banget rasanya ^^ 

Yuk GPL, cekidot ajah resepnya 



Bahan-bahan :
  • 100-150 gram Ayam 
  • secukupnya udang (saya pakai 3 buah)
  • 3 pasang Ati Ampela Ayam Rebus sampai empuk dan matang (saya tidak pakai, tetapi saya ganta dengan 3 sdm daging saai giling)
  • 0,5 buah Kekian (saya tidak pakai)
  • 5 buah Bakso Sapi (Saya tidak pakai)
  • 1 buah wortel
  • Secukupnya sawi
  • Secukupnya sawi putih (Saya tidak pakai)
  • Secukupnya bunga Kol (Saya tidak pakai)
  • 1 buah Bawang Bombay
  • 2 Siung Bawang Putih, geprek (saya dihaluskan)
  • 2 batang Daun Bawang/Pre
  • 1 Sendok Sayur Tomat ABC/merk lain gpp (Saya pakai Del Fonte)
  • 1,5 Sendok Sayur Tomat Bakso (ini pilih yang bagus ya, fungsinya cuma biar warnanya bagus tanga menambah rasa asam yang berlebihan) --> saya pakai 2 buah tomat yang sudah matang, kupas, lalu diulek halus.
  • Sedikit rajarasa (Tidak ada, saya ganti dengan 2 sdm Saus Tiram)
  • 2 sdm Kecap Manis
  • 1 sdt garam (saya ganti dengan 1 Sdm Kecap Asin)
  • 2 sdm gula pasir
  • Secukupnya cuka (Saya tidak pakai)
  • 0,5 minyak Wijen (Saya pakai 2 Sdm Minyak Wijen)
  • Secukupnya maizena/kanji
  • 500-550 ml Air/Kaldu
  • 6 buah cabe rawit, iris serong




Cara Membuat : 
  1. Kupas dan  potong semua sayur dan bahan
  2. Tumis Bawang putih, bawang bombay, daun bawang, dan cabe rawit dengan sedikit minyak plus minyak wijen sampai harum.
  3. Masukkan semua bah saurian kecuali sawi hijau (masak terakhir beberapa menit menjelang diangkat)
  4. Tambahkan semua saus dan bomb kecuali cuka.
  5. Mask sampai semua matang, kentalkan, matikan api, masukkan cuka setelah icip. Sajikan.

Rasanya benar-benar nikmat, padahal saya banyak yang diskip karena memang stoknya ga ada :P oh iya, saya tidak dikentalkan ya karena suami dan keponakan saya tidak suka, jadi kuahnya kami tidak menggunakan maizena tetapi saya tambahkan sedikit daging sapi gilling dan saya tambahkan sedikit seledri juga. Worth to try ^^ recommended receipt. []


Tidak ada komentar:

Posting Komentar