Minggu, 24 Juli 2016

SAMBAL IKAN TERI CABE RAWIT

Suami saya suka sekali dengan ikan teri, namun ikan teri yang khusus dikirimkan orang tuanya, kalau tidak dari Tanjung Pinang dan dari Dabo Singkep yang berada di Kepulauan Riau sana. Selain dari itu, dia ga akan mau, karena menurutnya rasanya sangat berbeda, hmmm,,,memang gitu sih ya kalau sudah terbiasa dari kecil pasti susah deh ganti ke lain hati, dan memang makanan dari kampung halaman memang lebih ngangenin. 

Nah berhubung mertua saya baru kirim ikan teri kemarin, jadi dieksekusilah menjadi sambal ikan teri, karena kalau ga diolah, suami ga akan makan-makan, saya sendiri kurang suka dengan ikan teri maupun ikan asin :D 

Reset ini saya lihat di cookpad dan dibuat oleh Ikmah Collet. Makasih resepnya ya mba ^^ 



Bahan-bahan :
  • 2 genggam cabe rawit hijau
  • 2 genggam teri asin
  • 4 siung bawang putih
  • secukupnya garam 
  • 2 sdt gula pasir
  • minyak olive (saya pakai minyak tropical)


Cara Membuat :
  1. Cuci bersih teri asin, keringkan pakai tisu.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabe rawit.
  3. Goreng ikan teri sampai garing, angkat, tisikan minyaknya.
  4. Masukkan cabe yang sudah matang ke blender/diulek, beri garam dan gula, lalu blender/ulek (saya diblender)
  5. Campur sambal dan teri, aduk sampai rata (saya sambal dan teri dicampur dan ditumis kembali di teflon, dan diberi perasan jeuk nipis, makanya warnanya jadi agak kecoklatan dan bukan hijau hihihihi) 


Rasanya pedas luar biasa kata suami saya, oh ya, untuk resep diatas saya buat 2 kali resep ya, aslinya hanya 1 genggam ikan teri saja, karena di rumah ada keponakan, maka saya buat lebih banyak. Dan sengata datumis lagi sampai kering, biar bisa disimpan dan tahan lama. Kalau ga kuat pedas level tinggi, dikurangi saja cabe rawitnya ^^ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar