Rabu, 22 Juli 2015

BIHUN KUAH PEDAS



Pas blogwalking ke blog mba Didi Diah kemarin, selain ngincer resep Sop Bening Bola Bola Tahu nya, aku juga ngincer resep Bihun Kuah Pedasnya, hehehhe...soalnya suamiku pasti suka banget...karena bagi dia masakan pedas itu paling yummy ^^ 

Tadi malam untuk menu dinner pak Suami, akhirnya ku eksekusi deh, cekidot resepnya ya :

Bahan :
  • 150 gr bihun (seduh dengan air mendidih sebentar saja) --> kalau aku pakai bihun kemasan isi 4 yang dijual Superindo, aku pakai 2 pcs 
  • 1 sendok makan kecap manis (kecap bisa dicampur ke dalam kuah atau disajikan terpisah) --> aku ga pakai karena stok kecap manis ternyata habis :( hiks 
  • 1 butir telur, di kocook lepas --> aku pakai 1 telur utuh, 2 putih telur, karena kuning telurnya untuk buat Potato Buns :D 
  • 50 gr Udang Segar 
  • 1 batang daun bawang, dipotong-potong 1/2 cm 
  • 2 lembar (50 gram) kol, diiris kasar  --> aku ga pakai 
  • 5 butir bakso --> aku pakai 8 butir, dan di potong bagi 4
  • 1 buah wortel di potong tipis --> aku pakai 1/2 yang diptong tipis-tipis 
  • 2 tangkai (25 gram) Caisim, di potong-potong --> aku ga pakai stoknya habis 
  • 1 sendok makan cabai kering --> aku skip, ga punya 
  • 1 sdt bumbu kaldu ayam (aku pakai Royco)
  • 600 ml air 
  • 1 sdm minyak untuk menumis 
  • 1 sdm bawang merah goreng untuk taburan --> aku skip
  • minyak untuk menggoreng 





Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih (aku pakai 3 siung)
  • 1/2 sdt merica bubuk (aku agak kebanyak jadinya hampir 1 sdm) 
  • 2 butir kemir, disangrai (aku pakai 3 butir kemiri) 
  • 25 pcs cabai rawit hijau


Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Sisihkan ke pinggir wajan, tambahkan telur, aduk sampai berbutir (aku di orak-arik)
  2. Masukkan bakso, daun bawang, kol dan caisim. Tumis sampai layu (aku masukkan bakso dan daun bawang dan wortel dan air)
  3. Tambahkan udang, aduk hingga berubah, masukkan garam, gula pasir dan kaldu ayam. Didihkan.
  4. Masukkan bihun, Aduk rata. Masak sampai mendidih
  5. Sajikan bihun kuah dengan taburan bawang goreng.

Buatanku beda warna kuahnya sama punya mba Diah. Kuahku warnanya kekuningan, itu karena ulekanku masih tersisa warna kuning dari kunyit krn sebelumnya dipakai untuk ngulek kunyit..udah tak cuci beberapa kali tetap aja masih nempel.hiks...terus aku pakai cabai rawit yang diulek barengan dengan bumbu halus lainnya.

Tapi rasanya tetap  endess lho...hehehhe...pedasnya hmmm ngundang untuk lagi lagi dan lagi....rekomended to try ^^ ...thank's mba Diah Didi udah share resepnya :) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar