Selasa, 21 Juli 2015

SOP BENING BOLA BOLA TAHU




Setelah 3 hari penuh sebelumnya makan santan-santan terus karena dapat kiriman tetangga dulu dari Bojonggede, akhirnya kemarin siang kepengen banget makan yang bening-bening. Lagi blogwalking, ketemu resep Sop Bening Bola Bola Tahu di blog mba Diah Didi ^^ Ngences deh langsung eksekusi, ga pake lama hahhaha

Kebetulan pake banget, saya punya stok kaldu ayam di kulkas yang saya taruh di freezer. Itu air kaldu dari rebusan ayam ketika keponakan saya merebus ayam untuk dibuat Ayam Suir kemarin. ^^



Ini resepnya ya, aku buat sedikit modifikasi ..

Bahan Bola Tahu :
  • Tahu Putih 200 gr, haluskan, jika berarir, peras dulu airnya ya
  • Putih telur 1/2 butir (aku pakai 2 sdm) --> kalau kebanyakan adonan jadi lembek, jadi sedikit saja untuk pengikat adonan
  • Kaldu ayam bubuk 1/2 sdt
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sdt 

Campur semua bahan, bentuk bulat-bulat kecil dan goreng hingga matang.

Tips :
Menggoreng bola tahu, jangan diaduk-aduk ya, sebelum berkulit dan bagian sisi bawahnya matang. Goreng di wajan anti lengket, supaya tidak mudah hancur

Bahan Sop Bening :
  • 2 buah wortel, iris menyerong
  • 1 buah jagung muda, dipipil (mba Diah tidak pakai)
  • 6 butir bakso sapi (mba Diah tidak pakai)
  • 1 bungkus soun, seduh dengan air panas sampai empuk, tiriskan (saya pakai bihun)
  • 2 batang daun bawang, potong2 1 cm 
  • 2 tangkai daun seledri, potong2 1 cm 
  • 800 ml air kaldu ayam atau air biasa jika tidak ada  (saya pakai air kaldu)
  • Bawang Putih 3 siung, ulek kasar, goreng 
  • Merica Bubuk 1/2 sdt 
  • Gulaa Pasir 1/2 sdt
  • Garam dan Kaldu Bubuk secukupnya (Optional)

Cara Membuat :
  1. Didihkan air (air biasa ataupun air kaldu), masukkan bawang putih, gula, wortel, jagung dan bakso sapi.
  2. Masak hingga wortel dan jagung empuk, masukkan daun bawang, seledri dan soun/bihun.
  3. Masak sebentar. Koreksi rasa 
  4. Sajikan sop dengan bola bola tahu. Bisa juga ditambah sambal dan kecap jika suka.
Note :
Kalau saya, bihunnya tidak dicampur di suop, jadi ketika akan dimakan baru dicampurkan di dalam mangkuk supaya bihunnya ga kelembekan ^^


                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar