Rabu, 22 Juli 2015

PIZZA TUNA ROTI GANDUM





Yeah buat pizza lagi.  Kali ini buatnya dari roti tawar gandum. Pas kemarin buat pizza dengan roti yang dibuat sendiri, pak Suami membeli roti gandum, karena udah kelaparan..tugas masak lauk diserahkan kepada keponkan saya, Cheff Jefri ..hahah untuk membuat ayam suir pedas (lagi..iya soalnya itu favorit kami :D ) 

Terus tuh Roti Gandum akhirnya ga dibuka sama sekali...boro-boro dimakan, dibuka aja ga hehehe, begitulah pak Suami..akhirnya daripada nantinya ga akan dimakan-makan, saya menawarkan untuk dibuatkan roti pizza saja agar bisa dibawa jadibekal sarapan pak Suami yang sudah masuk hari ini. Pas banget stok tuna masih ada 1 kaleng, dan jagung masih ada. Bahan-bahan untuk membuat saus tomat untuk rotinya juga masih ada. Akhirnya di eksekusi lah malam itu juga dan baru kelar jam 11 malam..



Hmmm...yummy...walau tetap pakai keju cheddar biasa dan bukan keju mozza :D 



Roti gandumnya isi 8 slices, dan semuanya di buatin roti pizza. Alhasil banyak bgt. Pak suami cuma bawa 2, saya makan 2, chef Jefri makan 4.. Hahahha...jadi mabok pizza deh.

Reviewnya, enak sih..cepat dan praktis, cuma ga seenak roti yang kita buat dan diulenin sendiri...wkakkakkaa. gaya banget ya padahal baru sekali buat roti pizza yang di uleni sendiri. Chef  Jefri sih request lain kali maunya pakai yang diulenin sendiri rotinya, kalau pak Suami sih okeh-okeh aja dengan roti gandum ini, tetap enak katanya..hahahah...








Oh iya, pak suami itu ga suka roti yang ada kulitnya, jadi kalau makan roti, pinggirnya harus dipotong, berhubung sayang dibuang, saya panggang barengan roti pizzanya, hasilnya jadi kriuk kriuk hehe...enak. 

Dan untuk sebutan Chef Jeffri, itu karena keponakan laki-laki saya yang cuma beda 5 tahun sama saya itu juga doyan masak...cumaaa banyakan malasnya aja..hahahha, kalau tantenya lagi eksekusi resep baru dan mandeg, dia selalu bisa kasih solusi-solusi...makanya suka selalu bilang dirinya chef :P padahal yang eksekusi sih tetap tantenya  ini hahahha. 

Duh kebanyakan ya ceritanya, sampai lupa deh..ini cara buatnya gampang kok...tinggal olesi saos tomatnya, lalu taruh toping yang diinginkan...saya kemarin pakai tuna kaleng, jagung, bawang bombay, keju cheddar, mayonese dan juga daun bawang yang diiris tipis-tipis. 

Berikut resep saos tomatnya ya yang saya ambil dari mba Riecke, saya buat 2 kalinya karena rotinya lumayan banyak dan dioles tebal-tebal biar puas makannya hehehehe.

Bahan Saos Tomat :

  • 2 buah tomat (berat sekitar 250 gram), rebus, dan kupas kulitnya, Blender halus 
  • 4 sdm saus tomat atau pasta tomat 
  • 1 siung bawang putih, cincang halus (saya diulek)
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar 
  • 50 gram jamur ancing, cincang kasar (optional) --> saya di skip
  • 3/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica halus 
  • 1 sdt gula pasir 
  • 1 sdt oregano kering dan 1/2 sdt basil kering (saya skip, ga punya)
  • 1 sdm minyak sayur / minyak zaitun untuk menumis 


Cara Membuat :

  1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay, tumis hingga layu 
  2. Masukkan jamur, tumis sebentar, masukkan tomat yang sudah diblender. Masak hingga mendidih, masukkan saus tomat, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga saus mengental dan airnya sedikit menyusut.
  3. Terkahir masukkan oregano dan basil, angkat dari Api. Dinginkan.



Kalau malas buatnya bisa juga pakai saus bolognese yang untuk buat spagethi itu lho...tapi kalau saya, lebih memilih buat sendiri karena bisa dibuat pas dengan lidah kita dan lebih sehat aja. Kalau saos bolognese, pakai daging sapi sementara kami sedang mengurangi makanan yang mengandung kolesterol.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar